Senin, 21 November 2016

Instalasi sound System

Selamat sore kawan sound system mania di hanya iseng corat-coret Pengalaman yang telah saya alami, jadi rileks aja nggak usah di pikir pusing, cuma sekedar pengetahuan aja, jika yang sudah profesional boleh nyimak,, hehe jadi malu saya.
            Sistem instalasi sound system pada umumnya dibagi menjadi dua bagian yaitu 3 way dan 2 Way.*.Sistem  pemasangan 2 WayYang dimaksud sistem pemasangan 2Way adalah pada output pembuangan pada speker Dibagi menjadi dua bagian yaitu Low middle dan high middle.
          Jadi speaker yang ditugaskan sebagai low  middle  hanya mengeluarkan bass dan middle  dan speaker yang ditugaskan sebagai highmiddle hanya mengeluarkan suara treble dan middle.  pada sistem ini butuh kan speaker 18 in dan speaker 15 in bersama Twitternya menurut saya sistem ini kurang akurat karena speker masih bercampur-aduk.*.
        Sistem pemasangan 3 wayDan yang dimaksud sistem 3 way adalah bagian output dibagi menjadi 3bagian yaitu low, middle, dan high. pada sistem  pembagian ini menurut saya lebih akurat karena setiap bagianmemiliki tugas tersendiri di mana low hanya mengeluarkan bass subwofer yang ditugaskan kepada Speaker 18 inci, middle hanya mengeluarkan  middle yang ditugaskan kepada speker 15 inch, Dan high hanya mengeluarkan treble yang di tugaskankepada speaker 12 inch bersama Twitternya.
         Urutan instalasi perangkat dan aksesoris sound system.urutan instalasi sound systembaca ini juga sob

         Peran Penting Dan Trik Rapi Saat Menjadii Operator Sound System.
Pemasangan sound system pada gambar di atas adalah skema sistem 3 way. Pemasangan ini diawali dari mixer, mana ada yang di awali dari speaker, mustahil tauukk..haha, lalu lanjut ke equalizer dan selanjutnya crossover lalu power .Terakhir speaker yang memiliki fungsi sendiri-sendiri. 1.Mixer
     Mixer ditugaskan sebagai  alat pengatur masukan pertama dari sumber suara, mixer ini mempunyai tugas yang sangat penting karena untuk mengatur karakter dari berbagai macam sumbeer suara. Misalnya vokal, gitar, keyboad atau alat musik dan sumber suara yang lainnya.
2.Equalizer
Setelah di proses mixer lanjut ke equalizer yang berfungsi sebagai pengataur dari seluruh suara yang nantinya akan di keluarkan oleh pengeras suara,  jadi equalizer ini adalah pengatur keseluruhan sumber suara dari mikser, agar bass lebih mantab, middle nya terasa, trible nya juga nyos, itu hanya contoh saja.
3.Crossover
Nah, untuk crosover inilah yang menentukan sistem instalasi kita, ada crossover 2way maupun 3way, tapi saya ingatkan kalau 1way nggak usah pakai crossover, hehehehehe... crossover ini berfungsi sebagai pembagi frequenzi dari suara yang bercampur yang nantinya akandi bagikan kepada pengeras suara.
4.Power amplifier
Power amplifier adalah sumber tenaga yang di gunakan sebagai pengeras suara, ya power inilah yang menentukan watt darisound system yang berfungsi membunyikan sepeaker, tanpa ada power, sepeaker anda tidak akan berbunyi, saya berani jamin 100%, hehehehe.
5.Speaker
Speaker adalah keluaran terakhir dalam sound system, sepeaker berfungsi membunyikan suara yang telah di proses perangkat perangkat sebelumnya dari awal sampai akhir, dari A sampai Y, lho, Z nya kok gak ada, kan Z nya speaker, hehe,. tanpa ada speaker saya yakin perangkat lainnya tidak akan berguna.

Sumber:http://sewahost.blogspot.com/2016/04/urutan-instalasi-sound-system-untuk.html

0 komentar:

Posting Komentar